sisi lain sebuah berita

Thursday, August 27, 2015

Mengenal Lukisan Moii Indie dan Para Pelukisnya

Istilah Mooi Indie berasal dari bahasa Belanda. Dalam bahasa Indonesia, "moii" berati cantik atau molek atau jelita. Sedangkan Indie berarti Hindia atau wilayah Nusantara yang kini disebut Indonesia.

Istilah ini pada mulanya dikenal dari dunia seni lukis. Adalah pelukis Sudjojono yang mempopulerkan istilah ini pada 1930. Pada saat itu ia memakai istilah "moii indie" untuk menyebut karya lukis yang menggambarkan pemandangan-pemandangan di Hindia atau Indonesia yang serba indah, damai, dan tenteram.

Meski istilah ini baru populer pada 1930-an, lukisan jenis naturalistik "moii indie" ini sebenarnya sudah dilakukan oleh pelukis Raden Saleh yang mengenalkan gaya naturalistik di lukisannya pada abad 19. Namun sejak Raden Saleh meninggal pada 1877 gaya naturalistik ini jarang yang mengikutinya.

Oleh pemerintah Belanda gaya naturalistik ini diteruskan pada awal abad 20. Pemerintah mensponsori para pelukis Belanda--seperti Du Chattel--maupun bumiputera untuk membuat lukisan "moii indi". Mereka "diminta" menggambarkan suasana alam Indonesia yang cantik, damai, dan tenteram. Lukisan tersebut kemudian dipamerkan di Eropa. Dengan menggambarkan Hindia yang cantik jelita, pemerintah Hindia Belanda bertujuan menarik para wisatawan Eropa datang ke Indonesia.



Pelukis-Pelukis Mooi Indie
Beberapa pelukis aliran moii indie yang terkenal adalah  R. Abdullah Suryosubroto (1878-1914). Pelukis kelahiran Semarang ini merupakan putra dari dr Wahidin Sudirohusodo, tokoh pergerakan nasional Indonesia. Ia adalah pelukis yang melanjutkan gaya naturalistik Raden Saleh. Gaya naturalistik ini kemudian dilanjutkan lagi oleh anak dari Abdullah Suryosubroto yakni Basoeki Abdullah (1915-1993).

Pelukis moii indie lainnya adalah Wakidi (1889-1979). Pelukis keturunan Jawa tapi dilahirkan di Plaju, Sumatra Barat ini pada tahun 1889, juga melukis gambaran keindahan alam di Sumatera Barat. Pekerjaan utama Wakidi adalah guru seni lukis di sekolah INS Kayu Tanam yang didirikan Moh Syafei.

Selain Wakidi, ada Mas Pringadi (1875-1936). Mas Pringadi lahir di keluarga ningrat Jawa asal Banyumas, yang merupakan hasil pendidikan politik etis Belanda. Ia murid dari pelukis belanda Du Chattel. Ia juga dikenal sebagai ilustrator di museum antropologi Batavia (Jakarta).

Ciri-ciri Lukisan Mooi Idie
Ciri khas lukisan moii indie dapat diketahui dari obyek lukisan. Obyek lukisan itu umumnya berupa lanskap pemandangan alam  seperti sungai, gunung, hutan, suasana pedesaan, sawah yang indah di Hindia Blanda. Selain pemandangan alam, pelukis moii indie juga menggambarkan wanita-wanita di Hindia Belanda yang juga eksotik. Umumnya wanita Timur ini digambarkan sedang menari atau melakukan aktivitas sehari-hari. Umumnya tampilan lukisan moii indie menggunakan pilihan warna yang teduh, terang, dan damai.

Contoh lukisan Moii Indie dapat dilihat pada tayangan berikut:


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengenal Lukisan Moii Indie dan Para Pelukisnya

0 comments:

Post a Comment