sisi lain sebuah berita

Monday, March 23, 2015

Lee Kuan Yew, Profil, dan Biografinya

Lee Kuan Yew adalah mantan perdana Menteri Singapura yang menjabat dari 1959-1990. Ia tercatat sebagai perdana menteri terlama sepanjang sejarah pemerintahan Singapura.Bahkan ia tercatat sebagai perdana menteri terlama di dunia. Selama masa pemerintahannya yang panjang, ia telah membawa Singapura menjadi salah satu negara paling makmur di Asia Tenggara.

Lee Kuan Yew lahir di Singapura pada tanggal 16 September 1923. Lee dilahirkan dalam sebuah keluarga Cina kaya yang tinggal di Singapura sejak abad ke-19. Setelah Perang Dunia II, Lee belajar hukum di Fitzwilliam College, Cambridge, Inggris. Pada tahun 1950, Lee Kembali ke Singapura untuk mendirikan sebuah lembaga bantuan hukum.

Singapura saat itu dipimpin seorang gubernur sekaligus dewan legislatif. Anggotanya terdiri dari banyak pengusaha Cina kaya yang ditunjuk dan bukan dipilih oleh rakyat.

Pada awal 1950-an itulah, muncul wacana kemandirian konstitusi dan reformasi di Singapura. Lee adalah salah satu pendukung reformasi tersebut. Ia kemudian mendirikan Partai Aksi Rakyat Singapura.

Lee Kuan Yeuw meninggal dunia. Teman Soeharto? Foto: screenshoot google searh images


Pada tahun 1955, sebuah konstitusi baru diperkenalkan di Singapura. Ada peningkatan jumlah kursi hasil pemilihan di dewan legislatif yakni 25 kursi dari total 32 kursi. Dalam pemilihan itu, partai Front Buruh memenangkan 13 kursi, sementara Partai Aksi Rakyat milik Lee hanya mendapatkan tiga kursi.

Tapi dengan duduk di legislatif, Lee pada 1956 bisa menjadi salah satu delegasi Singapura untuk mengusulkan pemerintahan sendiri kepada Inggris. Setelah negosiasi gagal, Singapura mengalami tahun kerusuhan sipil, tetapi pada tahun 1957, Lee Kembali ke London lagi untuk melanjutkan pembicaraan.

Tahun berikutnya, Lee membantu menegosiasikan status Singapura untuk membentuk pemerintahaan dan konstitusi sendiri.

Berdasarkan konstitusi baru, Pemilu Nasional Singapura diadakan pada bulan Juni 1959. Lee berkampanye anti-kolonialis dan menentang komunis di kawasan Asia Tenggara.

Partai Lee meraih kemenangan yang menentukan, memperoleh 43 dari 51 kursi di majelis. Lee didaulat sebagai perdana menteri pada 5 Juni 1959. Ia menjadi perdana menteri pertama Singapura setelah Singapura membentuk pemerintahan sendiri, lepas dari kekuasaan Inggris.

Lee mengundurkan diri sebagai perdana menteri pada tahun 1990. Hari ini, Senin, 23 Maret Maret 2015, Lee Kuan Yeuw meninggal. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Lee Kuan Yew, Profil, dan Biografinya

0 comments:

Post a Comment