sisi lain sebuah berita

Tuesday, March 24, 2015

Memuji The Satanic Verses, Penulis Ini Ditimpuk Batu Bata

Seorang penulis Afrika Selatan dipukul di wajah dengan batu bata setelah memuji penulisan Salman Rushdie, penulis kontroversial yang karyanya telah membuat marah beberapa Muslim di seluruh dunia.

Wajah Dala setelah ditimpuk batu bata. Foto: Twitter/Dala


Zainub Priya Dala mengatakan pekan lalu ia memuji tulisan Rushdie di sebuah sekolah di Durban, sebuah kota di pantai timur negara itu.

Sehari kemudian, tiga orang memukulnya di wajah dengan batu bata, memanggilnya "Rushdie b ----". Tiga orang tersebut telah menghentikan paksa kendaraannya dan mengancam dengan pisau yang ditempelkan ke lehernya.

"Jendela (mobil) saya terbuka karenau panas," kata Dala kepada Sunday Times, surat kabar harian di Afrika Selatan, sebagaimana dikutip dari The Telegraph, Senin (23/3/2015).

"Seorang pria keluar jok penumpang, mendekati ke jendela, mengancam dengan pisau di leher saya dan memanggil saya 'Rushdie b ---- dan memukul saya dengan batu bata," kata Dala, yang mengatakan dia masih shock.

"Saya berharap saya bisa mengatakan saya akan lebih baik, tapi nyatanya tidak. Secara fisik saya merasa sangat sakit," kata ibu dua anak, "Sekarang, saya sangat cemas."

Dala, seorang psikolog sekaligus penulis yang akan merilis novel, dibawa ke rumah sakit karena luka yang diderita, termasuk tulang pipinya yang retak.

Salman Rushdie, penulis buku Ayat-ayat Setan. Foto: Twitter/SalmanRushdie

Salman Rushdie, yang telah menjadi target ancaman pembunuhan setelah merilis bukunya pada 1998,  “The Satanic Verses”, mengirim rasa simpatik kepada Dala, di akun Twitter, "Saya sangat menyesal mendengar ini. Saya harap Anda pulih. Semua baik adanya."


Hari ini, Senin (23/3/2015), di akun twitternya @zpdala, Dala, mengatakan, "Dipukul dengan batu bata dan menjadi luka permanen di wajah tentu bukan cara untuk menjual buku. Seharusnya disimak untuk apa kekerasan ini!

Sumber: The Telegraph


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Memuji The Satanic Verses, Penulis Ini Ditimpuk Batu Bata

0 comments:

Post a Comment