sisi lain sebuah berita

Friday, July 31, 2015

Fenomena Blue Moons, Apa Penyebabnya?

Berita Unik Terkini. Fenomena Blue Moons atau bulan purnama biru bisa disaksikan malam ini Jumat 31 Juli 2015. Bulan purnama nanti malam alias blue moons adalah bulan purnama kedua dalam bulan Juli. Karena itulah blue moons malam ini menjadi istimewa. Sebagaimana diketahui bulan purnama pertama di bulan Juli terjadi pada 2 Juli lalu dan pada malam ini kembali akan muncul bulan purnama. Fenomena ini terakhir kali muncul blue moons bulan Maret 2010, atau sekitar 30 bulan lalu.  


Mengapa muncul blue moons? Blue moons terjadi karena pandangan manusia tertupi debu di atmosfer. Debu itulah yang menyerupai bulan. 

Perlu diketahui bahwa meski namanya blue moons warnanya tidak selalu biru. Bisa saja berwarna merah sebagaimana yang terjadi pada saat Gunung Krakatau Meletus pada 1883. Debu-debu atsmofir yang membentuk seperti bulan menyebabkan warna bulan terlihat biru kemerahan. Pada saat itu bahkan blue moons dapat dilihat hampir tiap malam selama dua bulan.

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Abu letusan Krakatau yang mengandung partikel satu mikron menguraikan cahaya merah dan menghasilkan dominasi cahaya biru . Pada hakikatnya saat terjadi Blue Moon tetap berwarna abu-abu seperti bulan yang biasa dilihat. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Fenomena Blue Moons, Apa Penyebabnya?

0 comments:

Post a Comment