sisi lain sebuah berita

Monday, March 23, 2015

Patung Budha Berisi Mumi Biksu Ini Akan Dikembalikan ke Asalnya

Sebuah patung Buddha yang berisi mumi biksu mumi sebenarnya dicuri dari kuil-kuil desa di Cina dua puluh tahun yang lalu. Patung Buddha tersebut sebelumnya telah dipamerkan di museum Belanda pada akhir Februari lalu. Rencananya patung tersebut akan dikembalikan ke Cina.

Patung Budha yang dipamerkan di Belanda. Foto: Copy Right Drents Museum


Biro kajian Relik dan Budaya di Fujian kini telah menemukan foto dan catatan sejarah yang menunjukkan bahwa patung tersebut benar-benar dicuri dari Cina timur pada tahun 1995.

Pemilik patung tersebut, yang tak mau disebutkan namanya, dikabarkan membelinya dari pasar Eropa pada 1996.

Sementara itu Erik Bruijn, ahli tentang Budhisme, menduga bahwa mumi berumur 1.000 tahun kemungkinan dan adalah guru Buddha Zhang Liuquan.

Selama dilakukan uji CT scan Bruijn terkejut ketika menemukan ada organ biarawan Budha di dalam patung tersebut. Gulungan kertas di dalam patung tersebut juga ditemukan.

Pengujian CT Scan di Belanda, hasilnya nampak seperti foto di atas. Foto: Copy Right Drents Museum.



Biro Peninggalan dan Penelitian Budaya Cina dikabarkan akan membawa pulang patung tersebut. Rencananya patung tersebut akan dipamerkan di Museum Sejarah Alam Hungaria pada Mei 2015.

Banyak umat Buddha percaya biksu yang ada di dalam patung tersebut tidak benar-benar mati tetapi di sedang melakukan meditasi.


Pada bulan Januari lalu, mumi seorang biksu berusia 200 tahun yang sedang bermeditasi juga ditemukan di Mongolia. Banyak pihak menduga bahwa biksu tersebut mengalami hal sebagaimana yang dialami Dashi-Dorzho Itigilov, seorang guru Lama. Dashi-Dorzho Itigilov, lahir pada tahun 1852, yang menjadi pengikut Buddha di Tibet. Ia dikenal karena menjadi mumi yang dipercaya masih hidup dalam kondisi bermeditasi. 

Sumber: DailyMail

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Patung Budha Berisi Mumi Biksu Ini Akan Dikembalikan ke Asalnya

0 comments:

Post a Comment