sisi lain sebuah berita

Thursday, August 6, 2015

Kisah di Balik Poster Perjuangan Boeng Ajo Boeng!

Berita Unik Terkini. Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia ke-70 tinggal sesaat lagi. Tiap peringatan HUT RI itu mengingatkan kepada para pejuang dulu, salah satunya adalah pelukis Affandi yang membuat poster legendaris, Boeng Ajo Boeng! Ada kisah menarik dibalik pembuatan poster tersebut. Begini ceritanya:


Pada suatu ketika Presiden Soekarno meminta kepada pelukis Affandi untuk membuat sebuah poster. Presiden menyarankan agar poster tersebut dapat menggugah semangat perjuangan para pemuda. Presiden Sukarno mengusulkan penggambaran "rantai putus" untuk melambangkan kemerdekaan Indonesia. Karena permintaan tersebut, Affandi, yang dekat dengan pribadi presiden menyanggupinya.

Affandi kemudian mencari ide pembuatan poster. Ia bertemu pelukis Dullah. Dullah pula yang kemudian dijadikan model. Gambar poster pun jadi. Di poster itu tergambar seorang lelaki dengan raut muka serius dan penuh semangat memegang bendera merah putih. Sementara tangannya telah lepas dari belenggu rantai.


Tapi ketika gambar sudah jadi, Affandi masih kebingungan untuk memberikan kata-kata yang tepat di poster tersebut. Di saat itulah, penyair ternama Chairil Anwar datang. Affandi meminta Chairil yang pandai membuat puisi untuk memberikan kata-kata yang tepat. Chairil Anwar akhirnya punya ide untuk menembahkan sebuh seruan semangat, "Boeng, Ajo Boeng!"

Seruan itu pun disteujui oleh Affandi maka jadilah kolaborasi antara seni gambar dan seni kata dalam poster perjuangan tersebut. Hingga kini poster itu melegenda.

Belakangan baru diketahui, ide kata-kata seruan dari Chairil Anwar itu terinspirasi dari perkataan para pelacur-pelacur di Jakarta ketika sedang merayu pelanggangnya.

Namun kata-kata itu berubah menjadi semangat yang heroik sebab memang bernas dan hangat di dengar. "Bung....ayo....bung..."


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kisah di Balik Poster Perjuangan Boeng Ajo Boeng!

0 comments:

Post a Comment