sisi lain sebuah berita

Friday, March 6, 2015

Ini Sebab Munculnya Tagar #SaveHajiLulung

Munculnya tagar #SaveHajiLulung pada Kamis malam (5/3/2015) terus membuat heboh jagat maya. Para netizen merayakan sebuah  euforia satir. Tagar itu masih menjadi trending topic setidaknya sampai Jumat (6/3/2015). Tapi banyak orang belum tahu sebab munculnya tagar #SaveHajiLulung.

Pantauan semacamberita latar belakang munculnya tagar tersebut bermula dari rapat mediasi klarifikasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) DKI 2015 di kementerian Dalam Negeri yang berlangsung ricuh pada Kamis (5/3/2015). Rapat ini merupakan kelanjutan dari etegangan antara Pemprov DKI dengan DRPD Jakarta terkait dana siluman senilai 12,1 Triliun. 

Wakil Ketua DPRD DKI, Abraham Lunggana atau dikenal Haji Lulung yang dalam video memotong pembicaraan Ahok menjadi perhatian para netizen. Selama ini Haji Lulung juga kerap berbeda pendapat dengan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Pernyataan Haji Lulung ini terkait dengan ketegangan saat rapat sebelumnya. Dalam rapat Gubernur DKI Jakarta mengatakan pemerintah DKI tidak merasa menganggarkan pengadaan UPS. Sontak pernyataan tersebut menimbulkan reaksi anggota DPRD sebab dalam hasil pembahasan anggaran, pengadaan UPS tersebut ada dalam pembahasan mereka.

Setelah usai rapat, ada salah satu anggota dewan yang berteriak “anjing” dan “bangsat” untuk mengungkap kekesalannya pada Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Setelah selesai rapat, di hadapan wartawan, Haji Lulung yang dimintai keterangan dengan berapi-api kerap kali salah menyebut UPS dengan USB.

Persoalan ini menjadi bahan guyonan di Twitter. #SaveHajiLulung digunakan sebagai sindiran paradoks untuk mengkritik para anggota dewan yang kerap keseleo lidah sekaligus perilaku anggota Dewan yang dinilai memainkan anggaran.

Hingga kini belum ada kabar atau klarifikasi resmi dari Abraham Lunggana terkait dengan kehebohan ini.

Tapi netizen kadung menjadikan Haji Lulung sebagai guyonan:



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ini Sebab Munculnya Tagar #SaveHajiLulung

0 comments:

Post a Comment