sisi lain sebuah berita

Saturday, September 27, 2014

Logo Firefox dari Kumi, Rubah Api, Hingga Kitsune

Hari ini Kumi, maskot Komunitas pengguna Mozilla Indonesia, berulang tahun ke-4. Kumi pertama kali dikenalkan ke publik pada 27 September 2010. Kumi merupakan modifikasi dari “Rubah Api” yang jadi ikon Mozilla Firefox. Logo Fire fox pertama kali dibuat oleh Steven Grarrity.

tmcnet.com


Tapi tahukan Anda jika icon itu sebenarnya bukan rubah api? Dalam kenyataanya ikon itu sebenarnya lebih mirip dengan panda berbulu merah. Steven Grarrity mengakui bahwa logonya tidak terinspirasi dari rubah melainkan panda berbulu merah. Namun karena panda merah memiliki kesan imut dan lucu, ia kemudian memodifikasinya seperti yang nampak seperti logo Firefox sekarang.

freeimage.com


Jika diamati logo firefox ini lebih mirip dengan Kitsune. Kitsune dalam cerita rakyat Jepang digambarkan sebagai rubah yang cerdas. Binatang ini dalam legenda di Jepang diceritakan memiliki kemampuan sihir. Legenda ini juga berkembang di China. Hingga kini pun mahkluk ini masih jadi perdebatan antara yang percaya ada dan yang menganggapnya sebagai mitos belaka.
devianart



Meski demikian logo tersebut kadung melekat di ingatan pengguna internet di dunia. Bahkah Mitchell Baker, pendiri Mozilla sampai mengubah tampilan rambutnya menyerupai logo Firefox.
Di Indonesia bahkan Rubah Api yang garang itu menjadi terkesan imut dan bernuansa Indonesia.
kumi.web.id



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Logo Firefox dari Kumi, Rubah Api, Hingga Kitsune

0 comments:

Post a Comment